Pengertian Time Division Multiplexing (TDM)

Apa itu TDM (Time Division Multiplexing) ?

Pengertian Time Division Multiplexing – Time Division Multiplexing merupakan suatu proses pentransmisian sebagian sinyal data yang hanya melewati satu kanal transmisi dengan masing-masing sinyal di transmisikan pada periode waktu tertentu.

Penyisipkan dapat dilakukan pada bit atau blok bytes. Ini memungkinkan secara digital menyandi sinyal suara untuk dipancarkan dan diganti secara optimal dengan saklar sirkuit yang ada dalam sebuah jaringan. Artikel ini terdiri dari dua bagian yaitu Transmisi yang menggunakan TDM dan Synchronous Hierarki Digital (SDH). Bagian yang pertama menguji prinsip dasar yang mendasari TDM, sedangkan bagian yang kedua mendiskusikan bagaimana SDH digunakan untuk mengganti tampilan TDM.

Pengertian Time Division Multiplexing

 

Proses Transmisi TDM

Pengertian Time Division Multiplexing – Akan ada beberapa sinyal informasi yang akan masuk ke dalam Multiplexer dari TDM, sinyal – sinyal tersebut mempunyai bit rate yang rendah dengan sumber sinyal yang berbeda – beda. Saat sinyal tersebut merambah Multiplexer, hingga sinyal akan melewati suatu switch rotary yang menyebabkan sinyal informasi yang sebelumnya sudah disampling itu akan dibuat berubah – ubah masing – masing detiknya. Hasil Output dari switch ini adalah merupakan  gelombang PAM (Pulse Amplitude Modulation) yang memiliki sample – sample dari sinyal infromasi yang periodic terhadap waktu.

Setelah melewati multiplex, sinyal kemudian ditransmisi dengan membagi – bagi sample inomasi berdasarkan (Hold Time / Jumlah Kanal). Kanal transmisi ini adalah suatu kanal dengan rangkaian yang disinkronisasikan. Kanal sinkron ini diperlukan untuk membangun masing- masing kelompok dari sample dan membagi sample – samle pas ke dalam frame nya.

Saat sinyal transmisi merambah demultiplexer, gabungan sinyal yang ber- bit- rate besar (sinyal transmisi) dibagi – bagi kembali menjadi sinyal informasi seperti sinyal informasi awal yang ber – bitrate rendah. Setelah itu akan terdapat rotary switch juga disitu yang akan memusatkan sinyal – sinyal ke tujuan masing -masing dari sinyal tersebut.

Pada Multiplexer terdapat filter yang berperan melewatkan sinyal dengan frekuensi rendah, dan pada demultiplexer akan ada filter yang bertujuan untuk memperoleh sinyal keluaran yang akan sama dengan sinyal data inputnya.

 

 

Contoh system untuk wireline telephony network

Pengertian Time Division Multiplexing – Pada Amerika bagian utara terdapat sesuatu system wireline untuk telephony system yang menggunakan proses TDM, adalah T1. Gelombang suara dari obrolan telephone di sample sekali tiap 125 msec, dan masing – masing sample di convert jadi 8 bit informasi digital. Dengan memakai tehnik ini, kecepatan transmisi 64000 bits/sec diperlukan untuk mentransmit suara tersebut. T1 line sesungguhnya adalah suatu channel yang mampu mentransmit pada kecepatan 1,544 Mbit/sec. Kecepatan transmit ini lebih besar dibanding kabel telephone pada biasanya, sehingga TDM digunakan untuk mengijinkan suatu T1 line untuk bawa 24 sinyal suara yang berbeda. Dengan satu frame terdiri dari 193 bit, sampai kecepatan masing – masing framenya.

Masing- masing frame tersebut setelah itu dibagi menjadi 24 slot sinyal suara dengan 8 bit digital code.

 

 

Waktu Kerja

Pengertian Time Division Multiplexing – Waktu Kerja (Duty Cycle) adalah suatu waktu yang efektif digunakan untuk mengirim ataupun menerima informasi, direpresentasikan dengan persentase dari total periode waktu. Jika kita tentukan lebar pulsa “τ”  merupakan jadi waktu dari masing – masing bit yang menempati total bit – time Tb. Jika kita memiliki Waktu Kerja D, kita bisa memastikan lebar pulsa merupakan:

τ= DTb

 

 

Keuntungan memakai TDM

Pengertian Time Division Multiplexing – TDM digunakan karena alasan biaya semakin sedikit kabel yang digunakan. Dan semakin simple receiver yang digunakan untuk mentransmit informasi dari banyak sumber. Untuk beberapa tujuan membuat TDM lebih murah dibanding yang lain. TDM juga menggunakan bandwith yang lebih sedikit daripada Frequency Division Multiplexing (FDM). Dengan lebar bandwith yang kecil, membuat bitrate terus menjadi cepat, tetapi energi yang digunakan terus menjadi besar.

 

 

Aplikasi TDM

Pengertian Time Division Multiplexing – Pada Plesiochronous Digital Hierarchy (PDH System), untuk transmisi digital dari beberapa panggilan telephone. Melalui kable yang sama (T-carrier ataupun E-carrier) ataupun kabel iber di sirkuit switch dari jaringan telephone digital.

 

  • Pada Synchronous Digital Hierarchy serta jaringan transmisi SONET yang memakai PDH
  • Pada RIFF (WAV) standar audio
  • Pada pemisah channel kanan – kiri yang digunakan dalam Stereoscopic Liquid Crystal Shutter Glasse

 

 

 

Membutuhkan kecepatan internet yang berbeda?
Tunggu apalagi?

Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

#internetcepatantilelet

 

Cek Website kami untuk informasi terupdatenya.

#intynyabikinhepi

 

Sumber: rbrahmantara.wordpress.com

Membutuhkan kecepatan internet yang berbeda?
Tunggu apalagi?

Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

#Intynet

#InternetCepatAntiLelet

#IntynyaBikinHepi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *