Sejarah Bahasa Pemrograman JAVA

Sejarah Bahasa Pemrograman JAVA

Sejarah JAVA – Bahasa pemrograman Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia. Dibuat pada tahun 1995 oleh James Gosling, Patrick Naughton, dan tim pengembang yang lain di Sun Microsystems, bahasa pemrograman Java dirancang untuk  membolehkan pengembangan perangkat lunak yang dapat dijalankan pada bermacam platform. Semenjak diluncurkan, bahasa pemrograman Java sudah menjadi salah satu bahasa pemrograman yang sangat banyak digunakan dan sangat banyak dikembangkan.

Sejarah bahasa pemrograman Java dimulai pada awal 1990- an.Saat itu, Sun Microsystems sedang mencari metode untuk membuat perangkat lunak yang dapat dijalankan pada bermacam platform, tercantum pc Komputer dan server. Pada saat itu, platform yang berbeda mempunyai perangkat keras dan sistem pembedahan yang berbeda- beda, serta fitur lunak yang ditulis buat satu platform tidak bisa dijalankan pada platform yang lain. Untuk membongkar permasalahan ini, Sun Microsystems memulai proyek bernama” Green Project” pada tahun 1991. Tujuan proyek ini merupakan buat menghasilkan suatu teknologi yang akan membolehkan perangkat lunak yang ditulis dalam bahasa pemrograman apa pun dapat dijalankan pada berbagai platform. Tim pengembangan Green Project dipandu oleh James Gosling, seseorang pakar pc yang sudah bekerja di Sun Microsystems semenjak awal 1980- an.

Sejarah JAVA

Pada awal mulanya, Green Project meningkatkan suatu bahasa pemrograman bernama” Oak”. Nama ini diseleksi sebab diambil dari tumbuhan ek besar yang berkembang di dekat kantor Sun Microsystems. Tetapi, sebab telah terdapat bahasa pemrograman yang bernama” Oak” yang dibesarkan oleh Kementerian Pertahanan Amerika Serikat, hingga nama ini diganti jadi” Java”.

 

 

Kelebihan Java

1. Multiplatform

Kelebihan utama dari Java yakni dapat dijalankan di bebrapa platform/ sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sesuatu program Java dan dikompilasi 9(diubah, dari bahasa yang dipahami manusia menjadi bahasa mesin/ bytecode) sekali kemudian hasilnya dapat dijalankan di atas sebagian platform tanpa pergantian. Kelebihan ini memungkinkan suatu program berbasis java dikerjakan diatas operating systemLinux namun dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung hingga saat ini merupakan Microsoft Windows, Linux, Mac OS serta Sun Solaris. Penyebabnya merupakan tiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri- sendiri( yang dapat diunduh dari web Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.

 

2. Perpustakaan Kelas Yang Lengkap

Java populer dengan kelengkapan library/ perpustakaan( kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat mempermudah dalam pemakaian oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan- perpustakaan baru untuk melingkupi segala kebutuhan pembangunan aplikasi.

 

3. Bergaya C++

Memiliki sintaks sperti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar merupakan pemrogram C++ yang pindah ke Java. Universitas- universitas di Amerika Serikat juga mulai berpindah dengan mengajarkan Java kepada murid- murid yang baru karena lebih mudah dimengerti oleh murid dan dapat bermanfaat juga untuk mereka yang bukan mengambil jurusan komputer.

 

4. Pengumpulan sampah otomatis

Memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak butuh melaksanakan pengaturan memori secara langsung( semacam halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas). 2. 1. 5.

 

 

Kekurangan Java

Tulis sekali, jalankan di mana saja- Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT- AWT bridge yang hingga saat ini tidak berperan pada Mac OS X.

1. Mudah didekompilasi

Dekompilasi merupakan proses membalikkan dari kode jadi jadi kode sumber. Ini dimungkinkan sebab kode jadi Java ialah bytecode yang menaruh banyak atribut bahasa tingkatan besar, semacam nama- nama kelas, tata cara, serta jenis informasi. Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft. NETPlatform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program 10 akan lebih sulit dirahasiakan dan mudah dibajak/ direverse- engineer.

 

2. Pemakaian memori yang banyak.

Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/ C++ serta Pascal( lebih spesifik lagi, Delphi serta Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan permasalahan untuk pihak yang menggunakan teknologi terkini(karena trend memori terpasang kian murah), tetapi menjadi permasalahan untuk mereka yang masih wajib berkutat dengan mesin komputer berusia lebih dari 4 tahun.

 

 

Kesimpulan :

Platform yang Populer: Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer dan banyak digunakan di dunia. Hal ini membuatnya menjadi opsi yang baik sebab banyaknya sumber energi, dokumentasi, dan dukungan yang ada.

Keamanan: Java mempunyai fitur keamanan yang kuat yang memungkinkan pengembang untuk meningkatkan aplikasi yang nyaman. JVM dilengkapi dengan mekanisme keamanan dan kontrol akses yang membatasi perilaku program. Sehingga menghindari akses tidak legal ataupun eksekusi kode berbahaya.

 

Membutuhkan kecepatan internet yang berbeda?
Tunggu apalagi?

Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

#internetcepatantilelet

 

Cek Website kami untuk informasi terupdatenya.

#intynyabikinhepi

 

Sumber: google.com

Membutuhkan kecepatan internet yang berbeda?
Tunggu apalagi?

Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

#Intynet

#InternetCepatAntiLelet

#IntynyaBikinHepi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *