Sejarah Lengkap Dari Mikroprosesor

Sejarah Singkat Mikroprosesor

Sejarah Mikroprosesor Perkembangan mikroprosesor bisa ditelusuri mulai dari penemuan komponen IC oleh Fair Child Semikonduktor pada tahun 1959.Lalu pada tahun 1968, Gordan Moore (ahli kimia), Robert Noyce (fisikawan) dan Andrew Grove (investor) mengundurkan diri dari Fair Child Semikonduktor dan mendirikan perusahaan mereka sendiri yakni perusahaan yang kita kenal saat ini yaitu INTEL (Intergrated Electronics).

Kemudian pada tahun 1971, mereka berhasil menciptakan mikroprosesor pertama yaitu intel 4004.Adapun beberapa mikroprosesor yang muncul pada tahun 1979 sampai 2002, diantaranya: Intel  8088, Intel  80286, Intel  80386, Intel  80486, Intel  Pentium II, Intel  Pentium III, Intel  Pentium IV.

Sejarah Mikroprosesor

Pengertian Mikroprosesor

Mikroprosesor adalah sebuah chip IC atau sirkuit terintegrasi yang menggabungkan fungsi inti dari unit pemrosesan pusat (CPU/Central Processing Unit) komputer. Chip IC yang dalam bahasa Inggris disebut dengan microprocessor ini adalah perangkat multiguna yang bisa diprogram untuk menerima data digital sebagai input. Kemudian memprosesnya sesuai dengan instruksi yang tersimpan dalam memorinya serta memberikan hasil sebagai output.

Mikroprosesor ini berisi logika kombinasional dan logika digital sekuensial yang beroperasi pada angka dan simbol yang diwakili dalam sistem angka biner.Dalam sebuah IC mikroprosesor, terdapat ALU (unit aritmatika dan logika), register, unit kontrol, sistem bus dan jam (clock) untuk melakukan tugas komputasi.Mikroprosesor bisa dikatakan sebagai otak dari semua komputer, baik komputer tersebut berbentuk laptop, server ataupun dekstop.

 

Cara Kerja Mikroprosesor

Dari Diagram Blok Mikroprosesor diatas terlihat bahwa sebuah Mikroprosesor pada dasarnya terdiri dari 3 bagian utama yaitu Arithmetic Logical Unit (ALU), Register Array dan Unit Pengendali yang terhubung dengan bagian INPUT (Keyboard, sensor) dan bagian OUTPUT (Layar Monitor, printer, motor) serta bagian unit Memori. Mikroprosesor menjalankan sebuah perintah atau instruksi berdasarkan urutan berikut ini yaitu Fetch (penjemputan atau pengambilan perintah dan data yang diperlukan), Decode (Pembacaan sandi) dan Execute (Menjalankan Perintah atau Mengeksekusi Perintah).

Sebuah Instruksi atau perintah pada awalnya disimpan di unit Memori secara berurutan (sequential order). Mikroprosesor menjemput atau mengambil instruksi-instruksi tersebut dari memori, kemudian menerjemahkannya dan mengeksekusi Instruksi-instruksi tersebut hingga mendapatkan instruksi STOP atau berhenti. Hasil esksekusinya kemudian dikirimkan dalam Biner ke port OUTPUT.  Di antara proses-proses ini, terdapat Register Array yang berfungsi untuk menyimpan data sementara sedangkan ALU dalam Mikroprosesor digunakan untuk melakukan fungsi-fungsi komputasi.

 

Keunggulan-Keunggulan Mikroprosesor

Berikut dibawah ini adalah beberapa keunggulan Mikroprosesor :

1. Konsumsi Daya Rendah

Mikroprosesor biasanya diproduksi menggunakan teknologi semikonduktor oksida logam (metal oxide semiconductor). Yaitu MOSFET (Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor) yang bekerja dalam mode saturasi dan mode cut-off sehingga daya yang dikonsumsi menjadi sangat rendah dibandingkan dengan yang lainnya.

 

2. Ukuran kecil

Karena teknologi integrasi skala sangat besar dan skala ultra besar, mikroprosesor dapat dibuat dalam ukuran yang sangat kecil sehingga akan mengurangi ukuran seluruh sistem komputer.

 

3. Biaya rendah (Low Cost)

Mikroprosesor tersedia dengan biaya rendah karena dikemas dalam teknologi sirkuit terintegrasi (chip IC). Dengan demikian, biaya sistem komputer akan menjadi lebih rendah dan terjangkau.

 

4. Kecepatan tinggi

Chip mikroprosesor dapat bekerja pada kecepatan sangat tinggi karena teknologi yang terlibat di dalamnya. Mikroprosesor mampu menjalankan jutaan instruksi per detik.

 

5. Serba guna (Versatile)

Mikroprosesor sangat fleksibel, chip yang sama dapat digunakan untuk sejumlah aplikasi hanya dengan mengubah program (instruksi yang disimpan dalam memori).

 

Membutuhkan kecepatan internet yang berbeda?
Tunggu apalagi?

Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Sejarah Mikroprosesor

Sejarah Mikroprosesor

#internetcepatantilelet

 

Cek Website kami untuk informasi terupdatenya.

Sejarah Mikroprosesor

#intynyabikinhepi

 

Sumber: kamuharustahu.com, teknikelektronika.com

Membutuhkan kecepatan internet yang berbeda?
Tunggu apalagi?

Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

#Intynet

#InternetCepatAntiLelet

#IntynyaBikinHepi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *